Pada hari Jum'at dan Sabtu, tanggal 22-23 November 2024, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nurul Huda (UNH) melaksanakan asesmen lapangan sebagai bagian dari proses akreditasi. Asesmen ini dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) dengan melibatkan dua asesor terkemuka, yaitu Bapak Dr. Wahyudin, M.T. dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan Bapak Dr. Supratman Zakir, S.Kom., M.Pd., M.Kom dari Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukit Tinggi.
Kegiatan asesmen lapangan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memastikan kualitas program studi serta fasilitas yang ada di Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Nurul Huda sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh LAMDIK. Selama dua hari pelaksanaan asesmen, para asesor melakukan serangkaian wawancara, observasi, serta pemeriksaan terhadap berbagai dokumen dan bukti pendukung yang disiapkan oleh pihak program studi.
Asesor pertama, Dr. Wahyudin, M.T., yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, memiliki pengalaman luas dalam bidang pendidikan tinggi, terutama dalam teknologi informasi dan pendidikan. Sementara itu, Dr. Supratman Zakir, S.Kom., M.Pd., M.Kom, yang berasal dari Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukit Tinggi, membawa perspektif berharga tentang pengelolaan program studi berbasis teknologi informasi di lingkungan pendidikan tinggi.
Rangkaian asesmen ini dimulai dengan penyampaian presentasi mengenai profil dan perkembangan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi oleh Ketua Program Studi. Setelah itu, asesmen dilanjutkan dengan diskusi mendalam mengenai kurikulum, metode pembelajaran, fasilitas yang tersedia, serta kualifikasi dosen. Asesor juga menyempatkan diri untuk mengunjungi ruang kelas, laboratorium, dan fasilitas pendukung lainnya guna memastikan bahwa Program Studi PTI FIP UNUHA telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh LAMDIK.
Kegiatan asesmen lapangan ini menjadi langkah penting dalam upaya Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Proses akreditasi ini diharapkan dapat memperkuat posisi Program Studi PTI di dunia pendidikan, memberikan kepercayaan lebih kepada mahasiswa dan orang tua, serta membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak yang mendukung pengembangan pendidikan teknologi informasi di Indonesia.
Dengan adanya asesmen ini, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Nurul Huda semakin berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik yang relevan dengan perkembangan dunia teknologi informasi dan kebutuhan industri pendidikan. Harapan besar pun diletakkan pada hasil asesmen ini, agar dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Nurul Huda secara menyeluruh.