Penerapan HTML dan CSS Sebagai Langkah Awal Membangun Fondasi Dasar Pengembangan Web

Minggu, 19 Mei 2024 | ADMIN

Pengembangan web yang begitu pesat di era digital saat ini menuntut adanya keterampilan dan pengetahuan yang memadai bagi para pengembang web, baik profesional maupun pemula. Bagi mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi yang mengambil konsentrasi dibidang pemrograman, pemahaman mengenai dasar-dasar pengembangan web menjadi pengetahuan penting yang harus dimiliki.

Salah satu cara untuk mempelajari dasar-dasar pengembangan web yaitu dengan menggunakan HTML dan CSS. Bertempat di ruang laboratorium komputer, mahasiswa semester 6 yang sedang menempuh mata kuliah pemrograman tampak sangat antusias mengikuti pembelajaran tersebut, Jumat (17/5).

Uli Rizki selaku dosen pengampu mata kuliah pemrograman menuturkan bahwa belajar HTML & CSS digunakan sebagai langkah yang tepat dalam proses awal pengembangan web. "Untuk pemula, belajar HTML & CSS sebagai tahapan awal merupakan langkah yang tepat, karena dengan belajar HTML & CSS, mahasiswa bisa langsung melihat hasil dari code yang diketiknya secara visual, dengan ini, tentunya akan mempermudah proses belajar. Dalam pembelajaran dasar pengembangan web, HTML merupakan fondasi yang penting untuk dipahami dan dikuasai oleh mahasiswa," ujarnya.

Salah satu contoh proyek yang dapat dilakukan oleh siswa adalah membuat halaman web sederhana yang berisi informasi tentang diri mereka, seperti nama, kelas, hobi, cita-cita, dan lain-lain. Mahasiswa dapat menggunakan HTML untuk membuat struktur dasar halaman web, seperti judul, paragraf, gambar, tautan, dan lain-lain. Mahasiswa juga dapat menggunakan CSS untuk mengatur tampilan dan gaya halaman web, seperti warna, ukuran, font, dan lain-lain. Mahasiswa juga dapat menggunakan JavaScript untuk menambahkan fungsi dan interaksi pada halaman web, seperti tombol, animasi, validasi, dan lain-lain.

Diharapkan dengan belajar HTML dan CSS dapat memberikan manfaat bagi mahaaiswa dalam mempelajari dasar-dasar pengembangan web secara praktis dan menyenangkan. HTML juga dapat membuka jalan bagi mahasiswa untuk belajar konsep-konsep lanjutan yang terkait dengan pengembangan web, seperti CSS, JavaScript, Bootstrap, jQuery, dan lain-lain. HTML dan CSS juga dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital saat ini. (dpd)